4 Mar 2010

Perjalanan email kamu...

4 Mar 2010 |
Pada saat kamu mengirim email, kamu tahu tidak bagaimana cara email itu dikirim sampai tujuannya…???
Kemarin saya dapat video bagus dari YOU TUBE yang menjelaskan bagaimana caranya email bisa sampai ke web server yang dimaksut. Kurang lebih begini terjemahannya,maaf yah kalo tidak sempurna,coz emak gw bkan org bule, hehehe…….

Terjemahannya :

Sebelum di kirim, masing2 paket dibatasi olh ukurannya. Masing2 paket diberi label, berisi informasi yang penting, seperti alamat pengirim, alamat penerima dan tipe dari paket tersebut.
Karena paket khusus ini akan segera berlayar di internet, surat ini diberi alamat server proxy, yang mana nantinya memiliki tujuan khusus. Paket ini sekarang ‘launch’ (hadir) di LAN (Local Area Network) kamu, jaringan ini berfungsi untuk mengkoneksikan seluruk jaringan lokal dan saling bertukar informasi. LAN biasanya mencakupi sebuah bangunan/ kantor. LAN (jalur perjalanan paket itu) dipenuhi oleh berbagai jenis paket informasi. “The local Router” membaca alamat dari paket,dan jika diperlukan akan mengantarkan paket pada network (jaringan) yang lain. Pada saat paket tersebut meninggalkan ‘router’ , ia meneruskan perjalanannya ke saluran internet, melewati pangkal dari switch ‘router’
Jika paket telah sampai pada tujuannya,selanjutnya diambil oleh ‘network interface’, siap di kirim ke level selanjutnya, dalam hal ini proxy. Proxy membuka paket dan mencari alamat web atau URL. Jika paket tersebut diterima, paket tersebut di kirim langsung ke internet. Ada beberapa paket yang tidak cocok oleh proxy (tidak sesuai ), maka paket tersebut dihancurkan dan dibuang. Bagi paket2 yang diakui (oleh Proxy) melanjutkan perjalanannya.
Langkah selanjutnya, firewall. Firewall berfungsi mencari (maksud) tujuan, segala hal kotor (tidak sesuai) yang masuk dari internet disaring. Setelah melewati firewall, router menempatkan paket pada jalur atau ‘bandwith’ sebagaimana yang kita tau. Router tidak akan mengambil paket itu semua, jika ada paket yang tidak memiliki IP, maka paket tidak diterima. (tahapan selanjutnya paket) baru siap memasuki ‘world internet’. Web sepeti jarring laba2 terhubung pada jaringan yang tersebar dan terkoneksi di seluruh dunia. Disini router dan switch masing2 terhubung pada link yang stabil. Pelepasan paketnya itu bisa melalui satellite, kabel telepon, wireless atau mungkin melalui kabel Trans ocean ( fiber optic). Sekarang kita telah berada pada tujuan, kita nantinya akan menemukan firewall yang lain. Firewall hanya meperbolehkan data yang masuk sesuai dengan criteria yang ditentukan. Dalam contoh kali ini pada port 80 dan 25, port 25 digunakan untuk paket surat, sedangkan port 80 digunakan untuk transfer paket lainnya dari internet. Di dalam firewall ini, paket di scan secara teliti. Bagi paket2 yang beruntung dapat melewati ini semua. Perjalanan hampir selesai. Paket saat ini melalui interface dan diletakkan pada web server, satu persatu paket diterima dan dibuka.
Untuk lbi jlasnya liad aja video yang gw dapet neh :




...


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

Translate to your language

Pengikut

Create a Meebo Chat Room
free counters
 
Copyright © Electro_Programming Mania | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog